Kamis, 30 Desember 2010

Cinta segi tiga



Bukan, bukan cinta segitiga, atau topografi jaringan hubungan antar manusia lainnya. Yang saya maksud dengan Segitiga Cinta adalah teori triangular cinta yang dikemukakan oleh Robert Sternberg. Dan ini tidak hanya meliput cinta antar kekasih, tetapi antar seseorang dengan semua lainnya dalam social circle dirinya.  
Berdasarkan teori ini, cinta yang sempurna selayaknya terdiri dari tiga komponen utama: intimasi, komitmen dan *ehem* “hasrat atau nafsu nih?“. Intimacy, Commitment, Passion. Dengan penjelasannya sebagai berikut.
  • Intimasi (Intimacy): Apa itu intimasi? Intimasi dapat didefinisikan rasa kedekatan dan memiliki suatu hubungan istimewa, atau benar-benar “nyambung” dengan seseorang. Yang utama, merasa dekat dan nyaman dengan orang tersebut, sehingga bisa terbuka di hadapannya.
  • Komitmen (Commitment): Komitmen adalah ikatan; resmi maupun tidak, dari kehendak orangnya, ataupun tidak. Dua orang yang ber-”komitmen” dengan satu sama lain telah memutuskan untuk tetap bersama secara jangka panjang, dan juga berbagi rencana dan keberhasilan masing-masing dengan yang lain.
  • Hasrat (Passion): Err… suatu perasaan yang (sebagian besarnya) mengarah ke romance, ketertarikan secara fisik dan juga berbagai keinginan seksual. Hal yang membuat suatu hubungan menggairahkan/menegangkan (secara positif). Atau dalam artian luas, apa yang membuat seseorang ingin meneruskan hubungan.
Dalam tipikal manusia, ketiga komponen itu tentu kadarnya tidak akan semua sama seimbang, atau identik dengan milik orang lain; dan senantiasa berubah-ubah. Kadar tiap komponen yang ada dapat menentukan “kadar” cinta yang kita miliki, sementara komponen mana yang kadarnya lebih besar ketimbang yang lain dapat menentukan “jenis” cinta yang kita miliki.
Cinta yang hanya terdiri dari satu komponen tidak akan dapat bertahan selama cinta yang terdiri dari dua, atau semua komponen yang ada. Dan apa saja jenis cinta yang ada? Berdasarkan komponen apa saja yang ada dalam hubungan bersangkutan, ada tujuh jenis cinta (tidak menghitung “bukan cinta”), yang akan disajikan dalam bentuk tabel terlebih dahulu untuk mempermudah:
lovetriangletable Segitiga Cinta image photo picture

Sumber :

http://infinite.inficio.info/2008/12/30/segitiga-cinta/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar